3 Wisata Baru Dengan Pemandangan Alam yang Eksotis

Kecamatan Todanan adalah Kecamatan yang terletak di Pegunungan Kapur Utara, dari pusat Kota Blora berjarak sekitar 40 km, berbatasan langsung dengan Kabupaten Pati dan Kabupaten Gerobogan.

Keadaan geografis Todanan meliputi dataran yang berbentuk tanah khas pegunungan kapur, oleh sebab itu banyak dari penduduknya yang bermata pencaharian sebagai petani, dan sebagian kecil area kebun palawija.Berikut tempat wisata yang lagi nge-hits di Todanan:

  • Bukit Cengklik

Bukit Cengklik atau yang lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Gunung Cengklik. Sebuah objek wisata alam baru hasil karya pemuda Desa Bicak yang kini sedang naik daun di kalangan anak muda. Pasalnya selain melihat hamparan alam yang indah, dari lokasi ini pengunjung juga bisa melihat jelas Gunung Muria Kabupaten Jepara di bagian Utara dan Gunung Lawu kabupaten Magetan disebelah Tenggara.

Keindahan pemandangan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang menginginkan suasana damai setelah sibuk beraktifitas. Suasana alami pedesaan yang masih asli menjadi tujuan yang tidak kalah menarik dengan berbagai panorama alam pegunungan dengan latar belakang hutan yang hijau dan membentang luas sampai wilayah kabupaten Pati.

Wisata Gunung Cengklik semakin menarik pengunjung karena kekreatifan para pemudanya untuk membuat dan membangun fasilitas yang ada di puncak gunung tersebut. Mulai dengan adanya rumah pohon dan gazebo disisi gunung yang berlatar belakang pegunungan. Sangat cocok digunakan untuk spot hunting foto bersama teman, saudara, maupun pasangan.

  • Gunung Putih dan Goa Telo

sumber foto: @april_pradella

Kali ini masih di kawasan Desa Bicak , Pemuda-pemudi desa Bicak seakan tidak ada habisnya untuk menyulap kawasan pegungan Curam menjadi tempat wisata yang menjanjikan.

Selain Bukit Cengklik menjadi primadona bagi para wisatawan dalam menikmati pemandangan yang membuat mata seakan takjub. Desa Bicak telah membuka kembali tempat wisata baru yaitu Gunung Putih dan Goa Telo pada 31 Desember 2016.

Dengan menyuguhkan pemandangan ekstrim yang terdiri dari tebing batu kapur yang menjulang tinggi dengan dihiasi berbagai jenis akar-akaran khas pegunungan yang menggantung sampai permukaan tanah, serta jalan terjal bebatuan menjadikan tempat ini menarik di kunjungi bagi kalian yang suka tantangan.

Kreatifitas pemuda desa setempat yang berinisiatif membangun sejumlah fasilitas pendukung untuk wahana foto selfie sangat bermanfaat bagi para pengunjung untuk berburu moment. Terutama adanya rumah pohon dan gazebo disisi gunung yang berlatar belakang pegunungan. Sangat indah digunakan untuk spot hunting foto bagi pasangan muda mudi.

Terdapat juga kolam pemancingan ikan ” Sadang Asri ” yang terletak di dukuh sadang, tempatnya asri dan penuh petualangan dan cocok dijadikan tempat hiburan bagi penghobi mancing mania.

  • Bukit Jonggrang

sumber foto: @pandhe_

Setelah Bukit Bukit Cengklik dan Gunung Putih beberapa waktu lalu ngehits di dunia maya lantaran dijadikan lokasi hunting foto dan selfie anak-anak muda, kali ini ada satu lokasi lagi yang tidak kalah bagusnya dan sedang naik daun menjadi tempat wisata alam karena pemandangannya yang bagus.

Tempat itu adalah Bukit Jonggrang, sebuah perbukitan dengan ketinggian sekitar 300 mdpl dari permukaan laut. Berada di Desa Ngumbul, Todanan, Blora. Berjarak kurang lebih 40 KM dari pusat Kota Blora. Bukit yang memiliki pemandangan bentang alam hijau mempesona, berlatar belakang hutan jati hijau di gugusan Pegunungan Utara, membuat mata enggan beralih untuk menatap indahnya alam ciptaan Tuhan YME.

Para pemuda Kompas Desa Ngumbul sangat jeli dan teliti dalam memanfatkan potensi alam yang ada disekitar daerah mereka. Dengan menyulap bukit terjal menjadi tempat wisata eksotis dikawasan Todanan Blora.

Di Bukit Jonggrang, Pengurus telah menyediakan berbagai background foto, mulai dari papan nama Bukit Jonggrang, rumah pohon, batu bertebing, lautan hijau dan yang paling fenomenal adalah tumpukan batu karang yang berada di Puncak Bukit Jonggrang.

Untuk menuju puncak bukit para pengunjung diharuskan jalan kaki, menyusuri jalanan tanah dan bebatuan di lereng bukit. Disamping itu para pengunjung tinggal memilih dua jalur, yaitu jalur extrem dan biasa, yang dimana di jalur extrem para pengunjung dituntut untuk extra hati-hati, mengingat kemiringan medan diantar 15 derajat.

Setiap hari para wisatawan cukup ramai berkunjung untuk menikmati keindahan pemandangan dari puncak gunung, terutama saat akhir pekan untuk datang sekedar melepas penat dan berselfie ria bersama teman-teman.

Tertarik untuk mengunjunginya? Cukup mengasikkan bukan? Berlibur ke daerah pegunungan yang menyuguhkan pemandangan alam dan udara sejuk.. Apalagi kalau sedang liburan, liburan akan menjadi sangat menyenangkan tentunya. Selamat Berwisata di Kota Blora.